23.9.08

mengganti archive dengan rubrik

"Simple is beautiful," demikian kata Craig Newmark, pendiri Craigslist. Dan aku menyetujuinya. Aku menyukai hal-hal simple. Termasuk dalam urusan desain dan tampilan blog.

Di blog ini, aku memakai template minima, yang notabene paling sederhana dari sekian template yang di sediakan Blogger. Namun meski demikian, kesemrawutan masih saja timbul. Yakni di kala postingan sudah cukup banyak sehingga model archive blogspot tampak tidak rapi dan tidak cukup memandu pencarian posting.

Maka aku pun memutuskan untuk melenyapkan archive di sidebar. Caranya cukup dengan masuk control panel blog anda, lalu klik "Setting" dan kemudian klik "Archiving". Buat frequency archive jadi "No Archive". Maka archive blog di sidebar akan lenyap. Tentu dengan melenyapkan archive akan muncul masalah, karena postingan kita tidak terarsip. Maka sebagai gantinya bikinlah label.

Untuk membuat label sangat mudah. Di control panel klik layout, lalu klik add gadget, dan pilih label. Anda bisa mengganti judul label dengan nama rubrik yang anda sukai. Setelah anda membuat label, jangan lupa save. Setelah label tampil di sidebar anda, silakan pindah ke "Posting", dan klik "Edit Posts". Centang postingan yang ingin anda tandai dengan label/rubrik, dan buat label dengan cara ketik new label yang berada di atas deretan entry postingan, di kotak "Label Actions". Dengan begitu, di sidebar akan muncul rubrik/label. Anda bisa membuat label/rubrik sesuai kemauan anda, tapi usahakan label yang anda buat mewakili jenis/kategori tulisan yang ada di blog anda. Karena pada prinsipnya archive, label, rubrik, adalah untuk memudahkan pengunjung mencari tulisan yang sesuai dengan kepentingan mereka.


1 comment:

  1. thank atas infonya, please visit
    yanfa2807.blogspot.com

    ReplyDelete