15.11.08

outliers - malcolm gladwell

Tahu Malcolm Gladwell, sang penulis Tipping Point dan Blink yang fenomenal itu? Dia habis nerbitin buku terbarunya, Outliers, yang menarik. Buku ini menarik, karena ia menyanggah keyakinan umum--sebagaimana Tipping Point dan Blink.

Selama ini ada keyakinan umum bahwa kesuksesan ditentukan oleh bakat dan usaha keras seseorang. Siapa pun yang 'cukup' berbakat dan mau bekerja keras, maka ia bisa sukses. Namun pandangan itu ditolak oleh Malcolm Gladwell.

Dalam Outliers, Gladwell mengatakan bahwa kesuksesan tidak ditentukan oleh kualitas diri semata, entah itu bakat ataupun kerja keras. Jalan menuju sukses tidak sama dengan kisah Horatio Alger dalam legenda Yunani. Kesuksesan, kata Gladwell, bukan saja ditentukan oleh kualitas diri, melainkan juga oleh lingkungan: keluarga, persekawanan, budaya, serta kejadian-kejadian (momentum) sejak kita lahir hingga dewasa.

Tak seorang pun, kata Gladwell, yang meraih kesuksesan karena 'dirinya sendiri'. Pun Bill Gates, yang dianggap genius dan pekerja keras. "No one--not rock stars, not professional athletes, not software billionaires, and not even geniuses--ever makes it alone," tulisnya dalam Outliers yang sepertinya juga akan memicu debat seru.

Semoga, selain bakat dan kerja keras, kita juga memiliki apa yang disebut Gladwell untuk sukses: lingkungan dan momentum yang tepat.
Gut luck!


0 comments:

Post a Comment