11.12.08

power of fb & google: maryamah karpov case

Terbitnya Maryamah Karpov membawa berkah bukan hanya buat penulis dan penerbit, tetapi juga toko buku--tak terkecuali toko online. Sampai hari ini, transaksi Maryamah Karpov di toko online kami, Khatulistiwa, terhitung lebih dari 500-an. Dan sepertinya angka itu akan naik terus.

Semua tak lain karena Facebook dan Google. Di Facebook, aku punya
grup Laskar Pelangi yang beranggotakan lebih dari 4000 orang. Ketika Maryamah Karpov terbit, aku langsung mengirim posting pemberitahuan, dan hasilnya ratusan orang menindaklanjutinya dengan bertransaksi di Khatulistiwa.

Selain itu, Google juga menyumbang besar dalam meningkatnya pengunjung dan transaksi Khatulistiwa bulan ini. Dengan terbitnya Maryamah Karpov, ada ribuan orang yang mencarinya via Google, dan Khatulistiwa selalu muncul di halaman pertama pencarian--urutan 2-4.

Di tengah era Web 2.0, situs-situs social networking seperti Facebook memang banyak digandrungi. Dan di dalamnya terkandung feature-feature yang luar biasa bermanfaat, baik untuk kepetingan bisnis, sosial maupun personal. Dengan Facebook, kita bisa membentuk grup-grup dan saling bertukar informasi dengan orang-orang yang satu minat. Lewat Facebook kita juga bisa chatting layaknya pake messenger. Facebook membuat hubungan antar orang--termasuk antara penjual dan pembeli--menjadi lebih dekat dan akrab, meski sesungguhnya 'tidak mengenal' satu sama lain.

Namun tentu saja, peran Google jauh lebih dominan. Siapa pun yang terjun dalam dunia bisnis online akan berurusan dengan penguasa satu ini: Google. Web anda bisa rame atau sepi ditentukan oleh sejauh mana web tersebut terdeteksi dan diberi posisi oleh mesin pencari. Jika untuk pencarian kata kunci yang anda inginkan situs anda muncul di halaman pertama--seperti kasus Maryamah Karpov dan Khatulistiwa, maka pengunjung akan membanjiri situs anda. Tapi jika untuk kata kunci yang anda harapkan situs anda tidak ada dalam 10 besar (halaman pertama) atau bahkan di 50 besar, maka jangan harap anda dapat pengunjung yang signifikan. Tak peduli sebaik apa pun situs anda.

Saat ini, membuat situs/web memang sudah jauh lebih mudah. Tetapi membuat situs kita ramai dikunjungi banyak orang bukanlah hal yang mudah. Dan di situlah praktek-praktek search engine optimization (SEO) menjadi penting. Selain viral marketing lewat media-media Web 2.0.


1 comment:

  1. jadi pengen belajar bikin online business nich, terutama belajar SEO dan viral marketing. makasih tulisannya bikin jadi punya ide :)

    ReplyDelete