17.9.09

free: price of now

"Thanks to all the people that have donated for PocketCM software, and due to the lack of free time, I've decided to remove the time limitation in PocketCM Keyboard, you can now use it for free (personal use), without any restriction in feature or timing. Of course, donations are still appreciated," demikian kalimat yang tertera di halam web PocketCM, keyboard virtual yang bisa diinstal di gadget berbasis Windows Mobile.

Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini, kian banyak pengembang software yang memberikan program yang ia ciptakan secara cuma-cuma. PocketCM adalah salah satu diantaranya. Software ini dimaksudkan bagi mereka yang tidak puas dengan keyboard virtual bawaan Windows Mobile, yang memang merepotkan--karena tidak memungkinkan disentuh pake jari. Dengan PocketCM, pengguna PDA tidak perlu menggunakan stylus dan dua tangan untuk mengetik, tapi cukup dengan satu tangan dan mengetik dengan jari--kemampuan yang menyerupai iPhone.

Aku mendowload dan menggunakan software ini sudah lama, di saat PDA/PDA Phone belum dilengkapi keyboard virtual tambahan dari pabrikan yang sekarang lazim di gadget-gadget terbaru. Diantara sekian keyoard virtual yang ada, PocketCM menurutku adalah tyang terbaik. Besar font sangat pas untuk jari orang Indonesia. Halam pertama berisi deretan huruf QWERTY, dan halaman kedua berisi dereta angka-angka dan simbol. Hanya satu yang terasa mengganggu, yakni letal titik (.) tidak berada di deratan huruf QWERTY, melainkan di halaman simbol. Sehhingga jika kita ingin mengakhiri sebuah kalimat dengan titik, kita perlu menekan tombol simbol--sesuatu yang memakan waktu dua kali lebih banyak. Namun di luar kelemahan itu, PocketCM memenuhi kebutuhan dan kemudahan mengetik di layar kecil, dan hebatnya lagi gratis.

0 comments:

Post a Comment