2.6.08

munarman yang sudah berubah
















Dalam aksi memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni kemaren, Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKK-BB) diserang oleh laskar Front Pembela Islam (FPI). Dan dalam rombongan FPI ada Munarman, mantan Direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) yang sekarang anggota Hizbut Tahrir.

Aku cukup mengenal Munarman, dan sebelum dia mundur dari YLBHI aku sempet ngobrol banyak dengannya. Waktu itu sepertinya dia masih 'baik-baik' saja, masih wise. Padahal waktu itu dia sudah dekat dengan Hizbut Tahrir. Tapi melihat fotonya di detik.com, aku sungguh terkejut. Karena dia bukan hanya ikut dalam aksi, tapi juga ikut melakukan penyerangan--yang menimbulkan 20-an orang terluka. Dan yang lebih gila, dalam foto yang dirilis AKK-BB, terlihat Munarman dengan wajah bengis sedang mencekik seorang demonstran AKK-BB.

Sungguh aku tidak percaya. Memang semua orang berubah, everybody change. Tapi aku gak menyangka Munarman berubah sedrastis itu.

Ralat:
Tapi setelah foto itu dirilis beberapa media, Munarman klarifikasi. Ia menyatakan bahwa orang berpakaian hitam-hitam yang ia cekik bukan demonstran AKK-BB, melainkan anak buahnya sendiri. Ia bermaksud mengendalikan sang anak buah agar tidak anarkis.

Syukurlah. Terlepas dari penyerbuan yang mesti dikecam, Munarman yang aku kenal ternyata belum semengerikan yang aku bayangkan. Sehabis liat foto aku sempet mengirim sms yang berbunyi: "Pak, aku liat foto sampeyan sedang mencekik seseorang. Bagaimana bisa begitu?" Tapi ia tidak menjawabnya.

2 comments:

  1. http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/06/tgl/03/time/102352/idnews/949433/idkanal/10
    liat tuh berita dari detik.... jangan ikut2an fitnah !!

    ReplyDelete
  2. URL nya detikcom kepanjangan gak nyangkut disitu .... so liat disini :
    http://tinyurl.com/64qrod

    ReplyDelete