9.8.08

cuil.com






Satu lagi mesin pencari (search engine) telah lahir. Namanya lucu: cuil.com (baca: cool). Hal ini menambah daftar mesin pencari di dunia maya setelah Yahoo!, Google, MSN Search, Baidu dan beberapa lagi yang lain.

Dikembangkan oleh Anna Patterson, Russel Power dan Louis Monier yang ketiganya adalah mantan karyawan Google, Cuil mengklaim memiliki database web lebih banyak dari Google: 12O milyar halaman web. Ia--sekali lagi menurut klaimnya, sanggup melakukan search lebih banyak dari search engine mana pun. Dalam situsnya bahkan secara jelas para pendiri menyatakan kemampuan Cuil: three times as many as Google and ten times as many as Microsoft.

Apakah benar demikian? Aku sendiri tidak tahu. Tapi yang jelas, kehadiran Cuil dengan klaimnya yang melebihi kemampuan Google telah memicu kepenasaranan yang luar biasa di kalangan penggemar teknologi. Sehingga belum sampai satu bulan dilaunching, ia sudah meraih jutaan kunjungan dan menduduki peringkat 5000-an berdasar Alexa.com--sesuatu yang sulit dicapai oleh situs lain.

Berbeda dengan Google, Cuil menampilkan hasil pencariannya berdasar format layout tabloid--dengan keterangan situs yang lebih panjang. Sekilas desainnya memang lebih menarik ketimbang Google, namun menurutku kurang efektif. Karena mata dipaksa menyapu seluruh bidang monitor untuk melihat hasil pencarian, yang mana hal itu lebih melelahkan. Aku merasa tampilan pencarian Google tetap lebih enak dan efektif. Di sini aku menyadari kebenaran ucapan Craig Newmark, pendiri Craiglist, bahwa simple and functional is beautiful.

Tapi apa pun, gut luck untuk Cuil--yang diambil dari sebuah kata Irlandia yang berarti pengetahuan.

0 comments:

Post a Comment